MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING
Disusun guna memenuhi tugas akhir Information Technology and Computer
Dosen Pengampu : Aryo Andrie Nugroho, S.si., M.Pd




23313_124406340935311_5363_n
 













Disusun Oleh:
Ø  Adelina Putri Fradesa          (11420123)
Ø  Melinda Novianti                   (11420146)






FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
PEENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
IKIP PGRI SEMARANG
2012/2013
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat allah SWT yang mana atas berkat dan rahmatnya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul “model pembelajaran berbasis e-learning” ini tepat pada waktunya.
   Dalam menyusun makalah ini banyak kendala yang penulis hadapi hal ini sulitnya menemui langsung narasumber yang ada, namun berkat kesabaran penulis dengan menggunakan sistem informasi yang ada yang diperoleh dari buku dan internet, sehingga dapat tercapailah tujuan penulis untuk menyelesaikan makalah ini.
            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih terdapat kekurangan, baik isi maupun penulisannya, maka dari penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sehingga dapat membangun untuk kesempurnaan makalah ini dimasa mendatang.





Semarang, 03 Januari 2013

                                                          
                                                                                                                        Penulis












DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................................................. i
Daftar Isi............................................................................................................................ ii
Bab I : Pendahuluan
1.1 Latar Belakang.............................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah.......................................................................................................... 1
1.3 Tujuan dan Manfaat...................................................................................................... 2
Bab II : Isi
2.1 Pengertian, Karakteristik dan Keunggulan E-learning.................................................. 3
2.2 Pengembangan Model E-learning.................................................................................. 4
2.3 Teknologi Pendukung E-Learning................................................................................. 5
2.4 Kendala dalam E-Learning............................................................................................ 5
2.5 Solusi Masalah E-Learning di Indonesia ...................................................................... 6
Bab III : Penutup
3.1 Simpulan........................................................................................................................ 7
3.2 Saran.............................................................................................................................. 7
Daftar Pustaka




















BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Berkembangnya tehnologi dan ilmu informasi dan komunikasi member dampak terhadap berbagai sendi kehidupan, terhadap terhadap dunia pendidikan member pengaruh yang luar biasa. Berbagai model pembelajaran dengan memanfaatkan computer seperti : e-learning (electronic learning) computer Assisted instruction(CAI), computer based instruction (CBI), dan e-teaching (electronic teaching). Model pembelajaran tersebut memungkinkan dosen dan mahasiswa mencari bahan pembelajaran sendiri langsung dari situs internet melalui computer sebagai sumber pembelajaran . dengan cara memahami computer dosen dan mahasiswa dapat mengakses pembelajaran melalu jaringan intra dan internet, dan melalui CD dapat mempelajari bahan pembelajaran secara interaktif dan mnarik, tanpa harus didampingi oleh dosen secara langsung.
Perkembangan teknologi internet memberikan nuasa system pembelajaran jarak jauh yang lebih terbuka lagi. System pembelajaran yang berbasis web yang popular dengan sebutan electronic learning (e-learning), web-based training (WBT) atau kadang disebut web-based education(WBE), kampus maya (Virtual camous), m-learning(mobile learning) dan lain-lain. Keunggulan belajar jarak jauh yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah akses kesumber belajar semakin tebuka dan luas, cepat dan tidak terbatas pada ruang waktu. Kegiatan pembelajaran dapat dengan mudah  oleh dosen dan mahasiswa, kapan saja dan dimana saja dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Batasan ruang, waktu dan jarak tidak lagi menjadi masalah rumit untuk dipecahkan. Melalui teknologi e-learning dosen dan mahasiswa dapat melakukan konferensi, diskusi, konsultasi secara elektronik (electronic conference) tanpa harus bertemu disuatu tempat.
1.2   Rumusan masalah
1.      Apakah pengertian E-learning?
2.      Apakah karakteristik dan keunggulan E-learning?
3.      Bagaimana pengembangan pembelajaran E-learning?
4.      Apakah pendukung teknologinya?
5.      Apakah masalah yang timbul dan solusinya?
                
1.3 Tujuan penulisan
Sebagai penulis kami sangat mengharapkan bagi pembaca dapat memahami secara mudah tentang model pembelajaran berbasis E-learning. Hal ini dapat digunakan sebagai bekal dikemudian hari ketika telah mendidik.
 1.4 Manfaat penulisan
Manfaat penulisan ini ialah agar bisa memahami tentang model pembelajaran berbasis e- learning dan apa fungsinya  dalam kehidupan didunia ini khususnya dunia pendidikan.























BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Pengertian, Karakteristik dan Keunggulan E-learning

A.    Pengertian e-learning

Menurut jaya kumar C.koran (2002) e-learning pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN,WAN,atau internet)untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. Adapula yang menafsirkan e-learning sebagai bentuk pendidkan jarak jauh yang di lakukan melalui media internet. Sedangkan Dong (dalam kamarga, 2002) mendefinisikan e-learning sebagai kegiatan belajar asynchoronous melalui perangkat elektronik computer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
                 Jadi dapat kami simpulkan e –learning adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan rangkaian elektronik yang dilakukan melalui media internet untuk menyampaikan isi pembelajaran,interaksi atau bimbingan yang memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhanya

B.     Karakteristik e-learning

pertama,memanfaatkan jasa teknologi elektronik;dimana dan mahasiswa,mahasiswa dan sesama mahasiswa atau dosen dan sesama dosen dapat berkomunikasi dengan relatif  mudah dengan tanpa di batasi oleh hal-hal yang protokoler.

Kedua, memanfaatkan keunggulan computer (digital media dan networks).
ketiga,menggunakan bahan ajar bersifat mandiri (self learning matrials) di simpan di computer sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan di mana saja bila yang bersangkutan memerlukannya.
Keempat, memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, has ail kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat dikomputer.

C.    Keunggulan e-learning
Ada beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning yaitu :
1.      Sangat dinamis,program pembelajaran e-learning dapat di sajikan dalam berbagai format sajian yang menarik,atraktif dan interaktif.
2.      Di operasikan sepanjang waktu sehingga dosen dan mahasiswa dapat memperoleh informasi materi/bahan pembelajaran yang di perlukan di saat memerlukannya.
3.      Belajar secara individual,setiap mahasiswa dapat memilih format atau model pembelajaran yang diinginkan dan yang lebih relavan dengan latar belakangnya setiap saat
4.      Bersifat komprehensip, menyediakan berbagai bentuk kegiatan  pembelajaran dari berbagai sumber yang memungkinkan mahasiswa untuk memilih suatu format atau metode  belajar dan latihan yang disediakan

2.2  Pengembangan Model E-learning

Pendapat haughey (1998) tentang  pengembangan e-learning. Menurutnya ada tiga kemungkinan dalam pengembangan system pembelajaranberbasis internet, yaitu web course, web centric course,dan web enchaced course.
Web course dalah pengunaan internet untuk keperluan pendidikam, yang man mahasiswa dan dosen sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka.Seluruh bahan ajar,diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet. Dengan kata lain model ini mengunakan jarak jauh.
Web centric course adalah pengunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tetap muka (konversional).sebagian materi di sampaikan melalui internet ,dan sebagian lagi melalui tatap muka.fungsinya saling melengkapi.dalam model ini dosen bisa memberi kan petunjuk pada mahasiswa untuk memmahasiswai materi perkuliahan melalui web yang telah dibuatnya.  
Web enhanced course adalah pemamfaatan internet untuk penunjang peningkatan kualitas pembeajaran yang dilakukan dikelas. Fungsi internet adalah untuk memberikan pengayaan dan komunikasi antara mahasiswa dengan dosen, sesame mahasiswa, anggota kelompok, atau mahasiswa dengan nara sumber lainya.

2.3 Teknologi Pendukung E-Learning

Dalam prakteknya e-learning memerlukan bantuan teknologi. Karena itu dikenal istilah:
Computer basic learning(CBL) yaitu pembelajran yang sepenuhnya mengunakan alat bantu utama computer.
2.4 Kendala Dalam E-Learning

Di dalam penerapannya di Indonesia, e-learning juga memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang harus diwaspadai, seperti sebagai berikut :
a.       Investasi
Walaupun e-learning pada akhirnya dapat menghemat biaya pelatihan, akan tetapi memerlukan investasi yang sangat besar pada permulaannya. Sehingga bila tadak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kerugian besar. Investasi ini dalam bentuk capital ataupun sumber daya manusia.
b.      Budaya
Pemanfaatan e-learning membutihkan budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk belajar atau mengikuti pelatihan melalui computer, dimana hal ini baru dimiliki oleh sebagian kecil sumber daya manusia.Oleh karena itu, change management yang handal sangat diperlukan untuk menjamin kesuksesan penerapan e-learning ini.
c.       Teknologi dan Infrastruktur
E- learning membutuhkan perangkat computer, jaringan yang handal dan teknologi yang tepat. Akan tetapi, ketersediaan infrastruktur dan teknologi ini masih belum memadai bagi beberapa perusahaan.
d.      Desain Materi
Penyampaian materi dalam bentuk e-learning tentu berbeda dengan penyampaian materi dalam training konvensional.Penyampaian materi melalui e-learning perlu dikemas dalam bentuk yang learner-centric.Saat ini masih sangat sedikit instructional designer yang berpengalaman dalam membuat suatu paket pelajaran e-learning yang memadai.Seringkali hambatan dan keterbatasan e-learning tersebut membuat implementasi e-learning di Indonesia berjalan dengan sangat lamban.Bahkan tidak jarang hambatan tersebut membawa perusaahaan pada kegagalan implementasi yang merugikan perusahaan jutaan dollar atau miliaran rupiah.

Walaupun terdapat keterbatasan dan hambatan di Indonesia, penerapan e-learning di dunia, termasuk di negara tetangga terus melaju pesat. Para praktisi pelatihan di dunia sudah tidak meragukan akan meledaknya penggunaan e-learning di dunia, mereka hanya tinggal menunggu waktunya. Semua perusahaan-perusahaan kelas dunia telah bergerak kearah e-learning ini.

2.5 Solusi Masalah E-Learning di Indonesia

Diperlukan ide-ide untuk memecahkan masalah e-learning di Indonesia.Hal itu diperlukan agar sistem ini dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk masalah biaya penggunaan internet, sebaiknya pemerintah dan perusahaan-perusahaan telekomunikasi membuat suatu kesepakatan untuk menyediakan layanan internet murah terutama untuk bidang pendidikan.Kalau bisa gratis lebih baik.Atau bisa juga dengan meyediakan hotspot bagi sekolah-sekolah atau perguruan tinggi-perguruan tinggi yang belum memilikinya.Karena salah satu kendala belum bisa terlaksananya e-learning secara maksimal adalah masalah biaya penggunaan internet. Jika pemerintah dan perusahaan telekomunikasi berhasil membuat kesepakatan itu, e-learning akan menjadi lebih mudah dilaksanakan di Indonesia. Yang tentunya sangat bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia yang imbasnya bisa sampai ke segala bidang seperti teknologi, social dan budaya dan lainnya.













BAB III
PENUTUP

5.1    Simpulan
Dari pembahasan diatas dapat kami simpukan bahwa e –learning adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan rangkaian elektronik yang dilakukan melalui media internet untuk menyampaikan isi pembelajaran,interaksi atau bimbingan yang memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhanya.
Ada beberapa keunggulan pengembangan program pembelajaran melalui e-learning yaitu :
1        Sangat dinamis,program pembelajaran e-learning dapat di sajikan dalam berbagai format sajian yang menarik,atraktif dan interaktif.
2        Di operasikan sepanjang waktu sehingga dosen dan mahasiswa dapat memperoleh informasi materi/bahan pembelajaran yang di perlukan di saat memerlukannya.
3        Belajar secara individual,setiap mahasiswa dapat memilih format atau model pembelajaran yang diinginkan dan yang lebih relavan dengan latar belakangnya setiap saat
4        Bersifat komprehensip, menyediakan berbagai bentuk kegiatan  pembelajaran dari berbagai sumber yang memungkinkan mahasiswa untuk memilih suatu format atau metode  belajar dan latihan yang disediakan

3.2  Saran 
Dalam pembelajaran  berbasis e-learning hendaknya bukan hanya mempelajari  secara teoritis saja tetapi juga harus dipelajari secara praktikum supaya semua mahasiswa mudah memahami tentang e-learning.












DAFTAR PUSTAKA
Purbo, Onno W. 2003. E-Learning dan Pendidikan. Artikel Dalam Cakrawala Pendidikan Universitas Terbuka.

Siahaan, Sudirman. 2004. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Sumber dari internet.

Simamora, Lamhot S.P. 2003. E-Learning : Konsep dan Perkembangan teknologi Yang Mendukungnya. Artikel dalam Cakrawala Pendidikan Universitas Terbuka.




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Peachesshinee. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates